Forum Inovasi Pendidik
    • Feed
    • Categories
    • Terbaru
    • Tag
    • Populer
    • Pengguna
    • Grup
    • Daftar
    • Login
    1. Beranda
    2. rose10
    3. Best
    R
    Offline
    • Profil
    • Mengikuti 0
    • Pengikut 1
    • Topik 1
    • Post 5
    • Grup 0

    Post

    Terbaru Best Controversial
    • Literasi di Era Digital

      Dalam beberapa tahun terakhir, cara kita berinteraksi dengan teks telah berubah drastis.
      Dahulu, membaca berarti membuka halaman buku atau surat kabar. Kini, cukup dengan menggulir layar ponsel, kita bisa membaca materi, berita, opini, hingga cerita dalam hitungan detik.
      Sebagai pendidik, kita tentu menyadari bahwa teknologi tidak hanya mengubah cara kita mengakses informasi, tetapi juga cara kita berpikir, memahami, dan menumbuhkan budaya literasi.
      Namun, di tengah derasnya arus informasi digital, muncul pertanyaan penting:

      Apakah kemampuan literasi generasi sekarang meningkat karena aksesnya yang luas?
      Atau justru menurun karena informasi datang terlalu cepat untuk benar-benar dicerna?

      Mari kita refleksikan bersama : Bagaimana teknologi dari media sosial hingga e-book telah membentuk ulang cara kita membaca, menulis, dan berpikir?

      Berikan pendapat Sahabat Pendidik di kolom komentar.

      posted in Topik Terpopuler
      R
      rose10
    • RE: Substansi TKA

      @AwanPutih berkata di Substansi TKA:

      Setuju pak @mint2025, tryout memang membantu murid mengenali pola soal dan memetakan kemampuan dirinya. Tapi menurut saya, tryout akan jauh lebih berdampak kalau tidak hanya berhenti pada mengerjakan soal, melainkan dilanjutkan dengan review dan refleksi.

      Bukan hanya ‘berapa skor saya’, tetapi apa yang salah, kenapa salah, dan bagaimana memperbaikinya. Dengan begitu, tryout bukan sekadar latihan menghafal pola, tetapi juga bagian dari pembelajaran mendalam.

      Kira-kira strategi apa yang bisa kita terapkan agar sesi review setelah tryout ini benar-benar efektif bagi murid?

      Pertanyaan yang sangat bagus — justru di tahap review inilah proses belajar yang paling bermakna terjadi. Agar sesi review setelah tryout tidak berhenti di angka, tapi menjadi pembelajaran reflektif dan strategis.. Di sinilah peran guru sebagai fasilitator, bukan pemberi jawaban. Daripada menjelaskan semua soal, guru bisa:

      Meminta murid menjelaskan alasan mereka memilih jawaban tertentu.

      Menanyakan “Apa yang membuatmu yakin dengan jawaban itu?”

      Mengarahkan murid lain menanggapi dan memberi alternatif penalaran.

      posted in Topik Terpopuler
      R
      rose10